Senin, 07 April 2014

KUMPULAN KATA/ISTILAH DI FARMASI

 Dalam dunia farmasi kita mendengan banyak istilah, berikut dibawah ini adalah beberapa istilah-istilah dalam ilmu farmasi :

A
Adiksi  adalah penggunaan habitual dan kompulsif dari suatu obat diiringi dengan bukti ketergantungan fisiologis. Konsep adiksi juga diperluas melampaui penyalahgunaan zat kimia agar dapat digunakan pada beberapa bentuk kebiasaan perilaku maladaptif, seperti judi patologis.
Absorpsi  adalah suatu fenomena fisik atau kimiawi atau suatu proses sewaktu atom, molekul, atau ion memasuki suatu fase limbak (bulk) lain yang bisa berupa gas, cairan, ataupun padatan.Proses ini berbeda dengan adsorpsi karena pengikatan molekul dilakukan melalui volume dan bukan permukaan.
Adsorpsi proses yang terjadi ketika suatu fluida, cairan maupun gas , terikat kepada suatu padatan atau cairan (zat penjerap, adsorben) dan akhirnya membentuk suatu lapisan tipis atau film (zat terjerap, adsorbat) pada permukaannya. Berbeda dengan absorpsi yang merupakan penyerapan fluida oleh fluida lainnya dengan membentuk suatu larutan.
Alergi kekebalan tubuh di mana tubuh seseorang menjadi hipersensitif dalam bereaksi secara imunologi terhadap bahan-bahan yang umumnya imunogenik(antigenik)atau dikatakan orang yang bersangkutanbersifat atopic.
Alergen adalah senyawa yang dapat menginduksi imunoglobulin E (IgE) melalui paparan berupa inhalasi (dihirup), ingesti (proses menelan), kontak, ataupun injeksi.
Amfetamin obat golongan stimulansia (hanya dapat diperoleh dengan resep dokter) yang biasanya digunakan hanya untuk mengobati gangguan hiperaktif karena kurang perhatian atau Attention-deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) pada pasien dewasa dan anak-anak. Juga digunakan untuk mengobati gejala-gejala luka-luka traumatik pada otak dan gejala mengantuk pada siang hari pada kasus narkolepsi dan sindrom kelelahan kronis.
Anemia (dalam bahasa Yunani: Tanpa darah) adalah keadaan saat jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal
Angina pectoris penyakit jantung iskemik didefinisikan sebagai berkurangnya pasokan oksigen dan menurunnya aliran darah ke dalam miokardium.
Apotek (berasal dari bahasa Belanda: Apotheek) adalah tempat menjual dan kadang membuat atau meramu obat. Apotek juga merupakan tempat apoteker melakukan praktik profesi farmasi sekaligus menjadi peritel. Kata ini berasal dari kata bahasa Yunani apotheca yang secara harfiah berarti "penyimpanan".
Apoteker seseorang yang mempunyai keahlian dan kewenangan di bidang kefarmasian baik di apotek, rumah sakit, industri, pendidikan, dan bidang lain yang masih berkaitan dengan bidang kefarmasian.
Asam urat (bahasa Inggris: uric acid, urate) adalah senyawa turunan purina dengan rumus kimia C5H4N4O3 dan rasio plasma antara 3,6 mg/dL (~214µmol/L) dan 8,3 mg/dL (~494µmol/L) (1 mg/dL = 59,48 µmol/L).
Asidosis tubulus renalis (bahasa Inggris: Renal tubular acidosis, RTA) adalah suatu penyakit ginjal (renal) khususnya pada bagian tubulus renalis-nya. Menurut sejumlah literatur ilmiah bidang kesehatan, penyakit ATR ini memang tergolong penyakit langka, dengan manifestasi klinis yang tidak spesifik sehingga diagnosis sering terlambat.
Anabolisme yaitu reaksi yang merangkai senyawa organik dari molekul-molekul tertentu, untuk diserap oleh sel tubuh.
Antioksidan merupakan zat yang mampu memperlambat atau mencegah proses oksidasi.

B
Bakteri kelompok mikroorganisme yang tidak memiliki membrane inti sel.
Bakteriostatik substansi kimia atau konsentrasi rendah bakterisida yang mampu menahan pertumbuhan bakteri, tetapi tidak mematikannya, seperti bakterisida.
Bakterisida substansi kimia yang mampu membunuh atau menghancurkan bakteri; pembasmi bakteri
Balanitis peradangan glans penis.
Benign tidak maligna ; tidak rekuren; dapat sembuh.
Betabloker obat yang menginduksi blockade adrenergic pada reseptor b1 atau b2 atau keduanya.
Bioavaibilitas derajat suatu obat atau suatu substansi lain mencapai jaringan target setelah diberikan
Biokimia lmu yang mempelajari struktur dan fungsi komponen seluler seperti protein, karbohidrat, lipid, asam nukleat, dan biomolekul lainnya.
Biotoksin toksin (zat racun) yg terbentuk dl jaringan jasad hidup
Biotransformasi rangkaian perubahan kimia suatu senyawa (suatu obat) yang terjadi di dalam tubuh, seperti oleh aktifitas enzimatik
Bisinosis penyakit paru-paru akibat pengaruh debu kapas
Boraks bahan pembersih (antiseptik; zat pembantu melelehkan zat padat) yg berupa hablur (kristal) berwarna kuning atau serbuk berwarna cokelat
Brakikardia kondisi dimana detak jantung melemah yaitu kurang dari 60 denyut per menit.
Bronkodilator alat yg dapat memperlebar lubang saluran napas yg menyempit ketika seseorang mendapat serangan asma
Bulimia penyakit merasa lapar yg berlebihan dan ingin selalu makan
C
Artery Disease Penyakit Koroner Akut
Cairan Asites Akumulasi cairan pada rongga perut (peritonium). Meski penyebab umumnya adalah sirosis atau sakit liver yang lainnya, akumulasi ini mungkin disebabkan oleh keadaan medik lainnya.
Candida Genus jamur menyerupai ragi yang umumnya merupakan bagian dari flora normal mulut, kulit, saluran pencernaan, dan vagina, namun dapat menyebabkan berbagai infeksi.
CAPD(Continuous ambulatory peri-toneal dialysis) Dialisis peritonial kontinyu
Capsulae Sediaan berupa serbuk yang diisikan dalam cangkang kapsul atau berupa sediaan cairan, setengah padat yang dibungkus dengan kapsul dasar.
Carcinoma atau Karsinoma Pertumbuhan sel yang ganas yang terdiri dari sel-sel epitel yang cenderung untuk menginfiltrasi jaringan sekitarnya dan menimbulkan metastatis.
Cardiomyopathy suatu penyakit primer pada otot jantung tanpa adanya penyebab yang diketahui .
Castration pembuangan testes atau ovarium
Cat’s Claw Nama lain untuk Uncaria tomentosa,yaitu spesies yang tumbuh di hutan hujan Amazon.Tanaman ini mengandung alkaloid dan mempunyai efek medik seperti tanin dan fitokimia lainnya.Beberapa senyawa dari tanaman ini mempunyai efek sebagai anti inflamasi, anti oksidan dan anti kanker.
Blood Count Jumlah sel darah putih dan darah merah per unit volume darah
Heart Failure Gagal jantung koroner : suatu keadaan dimana jantung tidak mampu untuk memompa darah dalam jumlah mencukupi untuk metabolisme tubuh.
Index Parameter vasodinamik yang menghubungkan output kardiak dengan luas permukaan tubuh.
Cito Segera
Cofactor Elemen atau bahan seperti koenzim, dimana suatu factor lain harus bersatu dengannya untuk dapat berfungsi.
Collutoria Larutan pekat dalam air yang mengandung bahan deodoran,antiseptika,anestetika local atau astringen.
Collyria Sediaan berupa larutan steril, jernih, bebas jarah asing, isotonus, digunakan untuk membersihkan mata. Dapat ditambahkan zat dapar dan zat pengawet.
Confusion orientasi yang terganggu dalam waktu, tempat, atau orang yang kadang-kadang disertai gangguan kesadaran.
Congestion adanya jumlah cairan abnormal pada pembuluh atau jalan masuk dari suatu organ atau bagianny; terutama, cairan darah yang disebabkan oleh peningkatan influx atau hambatan aliran baliknya.
COPD ( chronic obstructive pulmonary disease) Penyakit paru-paru obstruktif kronik
Corpumonale Kelainan jantung yang ditandai dengan hipertropi ventrikel kanan akibat penyakit paru-paru
Costovertebral Berkenaan dengan suatu iga atau vertebrata
Countershock suatu kejutan arus langsung berintensitas tinggi yang dialirkan ke jantung untuk menghentikan fibrilasi ventrikel dan mengembalikan aktivitas listrik yang sinkron.
COX (Cyclooxygenase)Enzim Siklooksigenase. Enzim ini berperan untuk mengubah asam arakidonat menjadi prostaglandin pada proses inflamasi.
Crepitus Crepitus tulang: bunyi gemeretak yang ditimbulkan dengan menggesekkan fragmen-fragmen tulang yang patah.
CSF (Cerebrospinal Fluid) Cairan jernih yang ada pada ruang subaraknoid dan sistem ventrikular di sekitar dan di dalam otak.
CVP (Central Venous Pressure) Tekanan darah pada vena kava toraks, dekat dengan atrium kanan jantung.
Cyanosis Perubahan warna kulit menjadi agak kebiru-biruan, yang disebabkan konsentrasi hemoglobin tereduksi yang berlebihan pada pembuluh darah di permukaan kulit,
Cytochrome (Sitokrom) Merupakan senyawa yang mengandung hem yang terikat pada protein, berperan pada pernapasan sel, dibedakan menurut gugus prostetiknya misalnya a,b,c,d dan P450.Contoh : CYP2A6, CYP 2B6, CYP289, CYP2D6, CYP2E1, CYP3A4
D
D5W Larutan dekstrosa 5% dalam air
Deionisasi  Menghapus ion terlarut dari larutan dengan melewatkan larutan melalui unggun resin pertukaran ion, terdiri dari manik-manik polimer bahwa ion hidrogen pertukaran kation dan ion hidroksil dalam larutan untuk anion. Kotoran ionik tetap terikat pada resin dan hidrogen dan ion hidroksil menggabungkan dengan satu sama lain untuk membentuk air. 
Rilis Pelepasan agen mikrobiologi layak atau sel eukariotik yang tidak mengakibatkan pembentukan penyakit pada orang sehat, tanaman, atau hewan; atau proliferasi tidak terkendali dari setiap agen mikrobiologi atau sel-sel eukariotik. 
Demensia  penurunan fungsi mental. 
Depersonalisasi Perubahan persepsi diri sendiri sehingga sensasi terhadap suatu kenyataan menjadi hilang atau berubah untuk sementara; merupakan manifestasi neurosis atau penyakit jiwa yang lain atau juga dapat dalam bentuk ringan pada orang yang normal.
Depuratif pembersih darah
Depyrogenation Penghapusan atau perusakan endotoksin. 
Desinfeksi  Sebuah proses yang mengurangi zat mencemari ke tingkat penerimaan yang ditetapkan.
Desinfektan  Antiseptik obat yang dapat mencegah infeksi dan mencegah perkembangan organisme tanpa mematikan organism
Diaforesis Keringat berlebihan yang tidak wajar, mungkin disebabkan oleh syok atau kondisi medik lain.
Diaforetika memperbanyak keluarnya keringat / peluruh keringat
Digestiva merangsang system pencernaan
Dilator melebarkan pembuluh darah
Dismenorrhoe untuk mengobati nyeri haid
Dispepsia Berkurangnya daya atau fungsi pencernaan, biasanya ditunjukkan dengan perasaan tidak nyaman pada epigastrum setelah makan.
Diuretik obat untuk meningkatkan ekskresi urin atau jumlah urin 
DNA (Deoxyribonucleic acid) Asam deoksiribonukleat yaitu asam nukleat yang mengandung informasi genetik yang berguna untuk perkembangan semua makhluk hidup.
Dong quai Nama lain untuk Angelica sinensis atau ginseng betina yaitu tanaman dari Cina yang digunakan untuk mengobati gangguan ginekologi, anemia ringan dan hipertensi.
DOTS (Directly Observed Treatment Shortcourse)Strategi yang digunakan dalam pengendalian atau penanggulangan penyakit TB melalui peningkatan diagnosis TB dengan pemeriksaan dahak secara mikroskopis, pengobatan dengan Pengawasan Menelan Obat (PMO), kesinambungan persediaan obat anti TB jangka pendek dengan mutu terjamin serta pencatatan dan pelaporan secara baku untuk memudahkan pemantauan dan evaluasi program penanggulangan TB.
Dyspnea Pernapasan yang sukar atau sesak
E
Ear drops obat tetes telinga
Edema berarti meningkatnya volume cairan di luar sel (ekstraseluler) dan di luar pembuluh darah (ekstravaskular) disertai dengan penimbunan di jaringan serosa.
Eksoenzim enzim yang aktivitasnya diluar sel.
Eksositosis mekanisme transpor molekul besar seperti protein danpolisakarida, melintasi membran plasma dari dalam ke luar sel (sekresi) dengan cara menggabungkan veskula berisi molekul tersebut dengan membran plasma.
Ekstrak sediaan kering, kental atau cair dibuat dengan menyari simplisia nabati atau hewani menurut cara yang cocok, di luar pengaruh cahaya matahari langsung.
Eksudasi keluarnya cairan dari jaringan atau kapiler karena luka atau inflamasi
Eliksir larutan yang mempunyai rasa dan bau sedap, mengandung selain obat, jug azat tambahan seperti gula dan atau zat pemanis lainnya, zat warna, zat wewangi dan zat pengawet; digunakan sebagai obat dalam.
Emetik obat muntah
Emulsi sediaan yang mengandung bahan obat cair atau larutan obat, terdispersi dalam cairan pembawa, distabilkan dengan zat pengemulsi atau surfaktan yang cocok.
Enantiomer salah satu dari pasangan molekul yang merupakan isomer bayangan cermin satu sama lain
Endoenzim enzim yang aktivitasnya didalam sel.
Endokrin sistem kontrol kelenjar tanpa saluran (ductless) yang menghasilkan hormon yang tersirkulasi di tubuh melalui aliran darah untuk memengaruhi organ-organ lain.
Endometrium lapisan dalam uterus yang sangat kaya akan pembuluh darah
Enteral salura pencernaan
Enterobacter bakteri
Enzim konstitutif enzim yang dibentuk terus-menerus oleh sel tanpa peduli apakah substratnya ada atau tidak.
Epithema obat kompres kulit (obat topikal)
Esofagus saluran yang menyalurkan makanan melalui gaya peristaltik dari faring ke lambung Eye drops obat tetes mata
Esterase enzim-enzim yang memecah golongan ester.
Estrogen sekelompok senyawa steroid yang berfungsi terutama sebagai hormon seks wanita.
F
Fagositosis suatu proses perlindungan tubuh dengan cara mengelilingi benda asing lalu ditelan dan dihancurkan.
Farmakodinamik ilmu yang mempelajari cara kerja obat, efek obt terhadap fungsi berbagai organ dan pengaruh obat terhadap reaksi biokimia dan struktur obat. Secara singkat artinya pengaruh obat terhadap sel hidup.
Farmakogeneti cabang ilmu farmakologi klinik yang mempelajari perubahan respon terhadap obat yang disebabkan oleh factor genetik
Farmakognosi ilmu farmasi yang menyangkutcara pengenalan tanaman dan bahan-bahan lain sebagai sumber obat dari alam.
Farmakokine ilmu yang mempelajari absorbsi,ditribusi,metabolisme(biotransformasi), dan ekskresi obat (ADME). Secara singkat artinya tentang pengaruh tubuh terhadap obat.
Farmakoterapi ilmu yang mempelajari penggunaan obat untuk menyembuhkan penyakit.
Fatigue Keadaan meningkatnya ketidaknyamanan dan menurunnya efisiensi akibat pekerjaan yang berkepanjangan atau berlebihan; kehilangan tenaga atau kemampuan menjawab rangsangan.
FdUMP5-fluorodeoxyuridin monophosphate Salah satu bentuk metabolit fluorourasil.
Fermentasi Suatu proses biokimia dimana substan organik, terutama karbohidrat ditata ulang oleh enzim-enzim untuk menyediakan energi kimia
Feses bahan-bahan yang tidak berguna lagi bagi tubuh, dikeluarkan melalui anus
Fetometri pengukuran fetus, khususnya diameter kepalanya.
Fetus keturunan yang belum dilahirkan dari setiap hewan vivipar, khususnya keturunan belum lahir pada masa pasca embrionik setelah struktur mayor yang terbentuk, pada manusia berkisar dari tujuh hingga delapan minggu setelah fertilisasi sampai kelahiran
Filter proses penyaringan untuk memisahkan antara suatu senyawa dengan senyawa lain
First –Pass – Effect metabolisme secara cepat dari obat – obat yang diberikan secara oral sebelum mencapai sirkulasi umum
Fisiologi Ilmu faal; cabang biologi yang berkaitan dengan fungsi dan kegiatan kehidupan atau zat hidup (sel, jaringan dan organ)
Flebitis radang pembuluh vena
Fotofobia intoleransi visual yang abnormal terhadap cahaya
Fotosensitasi efek kepekaan yang berlebihan terhadap cahaya yang timbul akibat penggunaan obat
Funduskopi tindakan memeriksa dasar bola mata
FUTP(fluorouridine triphosphate) Salah satu bentuk metabolit fluorourasil
G
GABA penting Merupakan suatu analog Gaba yang tidak bekerja pada reseptor GABA tapi berperan dalam metabolisme GABA
Gagal ginjal ketidakmampuan ginjal mengekskresikan metabolit-metabolit pada kadar normal plasma dalam keadaan pembebanan normal atau ketidakmampuan menyimpan elektrolit pada keadaan normal.
Galactorrhea Keluar air susu walaupun tidak menyusui < ISO Farmakoterapi Hal 561 >
Galamin Zat sintetik
Gametositosid Membunuh gametosit yang berada dalam eritrosit sehingga transmisinya ke nyamuk dihambat
Gansiklovir Antivirus untuk virus CMV, untuk pengobatan atau terapi penyakit yang disebabkan oleh sitomegalovirus <CMV>
Gastrin perangsang sekresi asam lambung dan pepsin
Gastritis Penyakit lambung atau tukak duodenum < ISO Farmakoterapi Hal 418 >
Gefitnib Merupakan penghambat spesifik EGFR < epidermal growth factor receptor> yang secara kompetitif menghambat pengikatan ATP
Ginekomastia perkembangan berlebihan kelenjer susu laki-laki
Genetik berhubungan dengan reproduksi atau kelahiran atau diwariskan
Genital berkenaan dengan berbagai organ eksternal dan internal yang
menyangkut reproduksi
Glaucoma penyakit mata yang ditandai dengan peninggian tekanan intraocular
yang mengakibatkan perubahan patologis dalam diskus optikus dan defek pada lapangan pandang yang khas.
Glomerulonefritis peradangan lengkung kapiler dalam glomerulus ginjal
Glomerulus berkas kapiler globular, yang satu menonjol menjadi ujung yang
Glukoneogenesis pembentukan glukosa dari molekul bukan karbohidrat seperti asam amino, laktat , dan bagian gliserol lemak.
Goitrogens senyawa yang menyebabkan pembesaran pada kelenjer tiroid , yang menyebabkan pembengkakan dibagian depan leher.
Gonorrhea infeksi yang disebabkan oleh Neisseria Gonorrhoeae yang ditularkan melalui hubungan seks pada sebagian kasus, tetapi juga oleh kontak dengan eksudat terifeksi pada neonates ketika lahir, atau oleh bayi dirumah dengan penghuni yang terinfeksi.
Gou kumpulan gangguan metabolism purin
Gonadotropin Hormon glikoprotein < peptida > dan hanya efektif bila diberikan dalam bentuk suntikan < idem >
Glaukoma Pembentukan cairan bola mata < Farmakoterapi UI Ed V Hal 100 >
Gutta percha Bahan untuk perbaikan gigi < ANSEL Hal 573 >
H
Handschoon Sarung tangan
Haemoglobin Protein darah
Heart failure Gagal jantung
Hematokrit Kekentalan darah
Hepar Hati
Hepatitis Penyakit organ hati
Hereditas Keturunan
Heroin sejenis narkotika
Heterogen Beragam
Hibiscus Bunga
Hidrofilik larut air
Hidrofobik Tidak larut air
Hidrolisis Terlarut dan berikatan
Hiperglisemia kadar glukosa tinggi
Hiperaktif Gerak yang berlebih
Hiperkalemia kadar kalium yang tinggi
Hiperkalsemia kadar kalsium yang tinggi
hipersekresi Pengeluaran zat yang tinggi
Hipersensitif sensitifitas ynag tinggi
Hipertensi Darah tinngi
Hipoaktif Kekurangn gerak/ kurang aktif
Hipoglisemia kadar glukosa rendah
Hipokalemia kadar kalium yang rendah
Hipokalsemia kadar kalsium yang rendah
hiposekresi Pengeluaran zat yang rendah
hiposensitif Sensitifitas yang rendah
Hipotensi Darah rendah
Histology ilmu tentang jaringan tubuh
Homogenitas keseragaman
Horny Ilmu tentang jaringan tubuh
Hygiene ilmu kesehatan
Hygienist ahli kesehatan
I
Ichorrea keluarnya banyak cairan encer dari luka atau borok
Icterus menjadi kuningnya warna kulit,selaput lendir dan berbagai jaringan tubuh oleh zat warna empedu
Idiotope fragmen antibodi yang mengikat antigen
  Ileum bagian usus antara pangkal usus halus dan usus besar
  Imune kebal terhadap penyakit tertentu
  Immunoeletrophoresis eletroforesis untuk menentukan fragmen antigen zat anti
  Imumoglobulin fraksi protein yg mengandung zat anti,kompleks imun tertentu
  Immunologi ilmu yg mempelajari segala hal yang bersangkutan dengan kekebalan
  Immunosupressant penekan reaksi imun,usaha mencegah atw mengurangi reaksi imun.
  Impotene ketidakmampuan seorang priauntuk bersenggama
  Incubation masa antara infeksi dan timbulnya gejala penyakit
  Indikasi petunjuk yang menjadi alasan dilkukannya tindakan langsung terhadap sebab penyakit.
  Infark kematian jaringan krna gangguan pendarahan .
  Infeksi masuknya bibit penyakit ke dalam tubuh,khususnya mikroba
  Infertility tidak dapat memperoleh keturunan
  Influenza penyakit akut yang di sebabkan oleh virus,ditandai dengan demam,radang selaput lendir saluran nafas atau saluran cerna
  Inhalation menghirup udara atau uap lain ke dalam paru-paru.
  Injeksi memasukkan larutan obat atau larutanlarutan lain ke dalam tubuh memakai semprit
  Insomnia tidak bisa tidur
  Insulin hormon yang di hasilkan oleh sel- sel beta pulau langerhans kelenjar ludah perut
  IUD Alat yang di letakkan di dalam rongga rahim untuk mencegah terjadinya
  Intramuscular metode rute pemberian obat dengan memberikan suntikan langsung ke otot
Intravena p emberian zat langsung ke pembuluh dara
J
Jaringan Sekumpulan sel-sel yang bergabung dengan zat-zat yang terdapat di ruang (celah) antar sel tersebut membentuk suatu struktur/ fungsi tertentu pada makhluk hidup.
Jaundice Perubahan warna menjadi kekuningan pada kulit, selaput lendir, san sklera mata yang diakibatkan oleh tingginya kadar bilirubin darah.
 Jerawat Penyakit radang kelenjar minyak (sebaceous) dan folikel (kantong kecil pelindung,kelenjar) rambut pada kulit yang ditandai oleh letusan jerawat atau pustula, terutama pada wajah.
Jangar Penyakit pening kepala.
Janin Bakal bayi yang masih dalam kandungan.
Jejas Lecet, tergores, luka sedikit.
K
Kardiotoksik memiliki efek racun atau merusak terhadap racun
Kavitasi pembentukan rongga di dalam tubuh atau di salah satu organnya.
Kifosis kelengkungan torak tulang belakang yang berlebihan seperti yang terlihat dari samping.
Kolaps keadaan kelemahan dan depresi ekstrem dengan kegagalan sirkulasi.
Kolestatik penghentian atau supresi aliran empedu dengan penyebab intrahepatik atau ekstrahepatik.
Kolik nyeri abdomen akut.
Kolitis peradangan kolon
Kolonisasi implantasi dan pertumbuhan suatu mikroorganisme pada suatu pejamu.
Koma keadaan tidak sadarkan diri yang penderitanya tidak dapat dibangunkan, bahkan dengan ransangan yang sangat kuat.
kompleks ghon gabungan lesi paru parenkimal dan fokus nodus ilmfatikus yang berkaitan.
komplikasi penyakit ataupun penyakit-penyakit yang muncul bersama-sama dengan penyakit lainnya.
kondiloma lesi yang menonjol pada kulit.
konfusi mengganggu orientasi dalam hal waktu, tempat, atau orang kadang-kadang disertai oleh gangguan kesadaran.
konjugasi pekerjaan bergabung bersama
konjungtivitas peradangan pada konjungtiva.
konstipasi jarang atau sulit mengeluarkan feses.
konstriksi bagian atau tempat yang mengkerut
kontra indikasi setiap keadaan, teristimewa setiap keadaan penyakit yang menyebabkan suatu cara pengobatan tidak tepat atau tidak dikehendaki.
konvulsi kontraksi i volunter atau serentetan kontraksi dari otot-otot volunter.
kram kontraksi muskular spasmodik yang nyeri, khususnya suatu spasme tonik.
kronik menetap untuk suatu periode waktu yang panjang.
L
Laju Disolusi kecepatan perubahan dari bentuk padat menjadi terlarut dalam medianya setiap waktu tertentu.
Laju Sedimentasi kecepatan pengendapan dari partikel-partikel suspense
Laktagoga    memperlancar ASI
Laktifuga menghentikan atau mengurangi ASI
Larutan sedian cair yang mengandung satu atau lebih zat kimia yang dapat larut dalam pelarut.
Larutan Buffer suatu larutan yang mengandung asam lemah dengan garam dari asam itu,atau larutan basa lemah dengan garam dari basa itu,yang PH-nya tetap bila ditambah sedikit asam kuat,basa kuat atau air.
Larutan ideal lautan yang interaksi antar zat terlarut,antara zat terlarut-pelarut,dan antar pelarutnya sama.
Larutan Jenuh larutan yang mengandung zat terlarut sebanyak yang diperlukan untuk mempertahankan keseimbangan dengan padatan zat itu dalam larutan.
Laxantia/Laksativ melancarkan BAB / Pencahar.
Leprostatik Obat yang membunuh atau menghambat Mycobacterium leprae, unsur penyebab lepra.
Lesi diskontinuitas jaringan patologik atau traumatic atau hilangnya fungsi suatu bagian.
Lethargy tingkat kesadaran yang menurun pendengaran berkurang dan apati;keadaan tidak acuh.
Levodopa merupakan prekusor dopamine dan karbidopa inhibitor dekarboksilat untuk nmembantu pengurangan L-DOPA di dalam darah dan memperbaiki otak.
Ligand Suatu partikel yang mempunyai pasangan electron bebas untuk berikatam koordinasi dean ion pusat membentuk molekul atau ion poliatom (ion kompleks)
Liniment Suatu larutan alcohol atau berlemak atau emulsi dari macam-macam bahan obat yang dimaksudkan untuk pemakaian luar pada kulit,biasanya dengan menggosokkannya.
Liofilik partikel yang suka pada pelarutnya
Liofobik partikel yang tidak suka pada pelarutnya
Litotriptika menghancurkan batu pada kandung kemih
Lipolisis Dekomposisis atau pemecahan lemak.
Liquid Petrolatum Campuran dari hidrokarbon cair yang dihasilkan dari minyak bumi dan berguna dalam menggerus bahan yang tidak larut pada preparat salep dengan dasar berlemak.
Lot Suatu batch atau bagian apa saja dari suatu batch yang mempunyai kualitas tertentu yang seragam dan diberi kode pengenal “nomon lot” untuk membedakan.
Lotio Preparat cair yang dimaksudkan unyuk pemakaian luar pada kulit.
Lozenges Obat isap berbentuk sediaan padat bentuk cakram yang mengandung bahan obat dan umumnya juga bahan pewangi,dimaksudkan untuk secara perlahan-lahan melarut dalam rongga mulut untuk efek setempat.
Lubrikasi Proses penambahan bahan pelincir ke dalam granul setelah proses pengayakan kering .
M
Maserasi merupakan proses perendaman sampel menggunakan pelarut organik pada temperatur ruangan.
Menopause adalah berhentinya secara fisiologis siklus menstruasi yang berkaitan dengan tingkat lanjut usia perempuan.
Metabolit (bahasa Inggris: metabolite) adalah intermediat dan produk dari metabolisme.
Metabolisme (bahasa Yunani: μεταβολισμος, metabolismos, perubahan) adalah semua reaksi kimia yang terjadi di dalam organisme, termasuk yang terjadi di tingkat selular.
Mikrobiologi adalah sebuah cabang dari ilmu biologi yang mempelajari mikroorganisme.
Mikroorganisme atau mikroba adalah organisme yang berukuran sangat kecil sehingga untuk mengamatinya diperlukan alat bantuan.
N
Nadir Titik terendah
Narkolepsi penyakit kronis yg ditandai dng serangan kantuk dan ingin tidur
Narkosis keadaan mati rasa seluruh badan karena pengaruh obat bius (narkotik dan sebagainya)
Narkotika Obat yang menyebabkan pingsan, kurang sensitive, dan meredakan nyeri
Nausea rasa akan muntah; rasa mual
Nefritis radang yg terjadi pd ginjal sbg reaksi imunologis ginjal thd infeksi pd tempat lain
Nefritis Intertisial Penyakit primer atau sekunder pada jaringan interstial ginjal.
Nefrosis kondisi dimana membrane glomerulus bocor, menyebabkan sejumlah protein keluar dari darah menuju protein
Nekrosis proses kematian sel yang melibatkan sekelompok sel sehingga sel tersebut kehilangan integritas membran.
Nematosida zat untuk membasmi cacing nematoda
Neonatal Masa selama 4 minggu setelah kelahiran.
Neonatus masa kehidupan pertama diluar Rahim sampai dengan usia 28 hari, dimana terjadi perubahan yang sangat besar dari kehidupan didalam rahim.
Neural tube defects Gangguan tubulus saraf
Neuropathy Gangguan fungsional atau perubahan patologis pada sistem saraf tepi.
Neurotorsisitas Gangguan yang disebabkan oleh paparan senyawa alami maupun buatan yang bersifat toksik pada sistem saraf
Neurotransmiter senyawa organic endogenus membawa sinyal diantara neuron
Nikotin zat racun yg terdapat dl tembakau, digunakan dl perobatan dan untuk insektisida
Non Hodgkin’s lymphomaLymphoma Non Hodgkin merupakan kelompok kanker yang timbul mulai dari limfosit, salah satu tipe sel darah putih.Tipe ini dibedakan dari Lymphoma Hodgkin dari sifat patologi, epidemiologi, organ yang terlibat, pengaruhnya terhadap tingkah laku dan perawatannya.Lymphoma jenis ini berkembang pada organ yang berhubungan dengan sistem limfe (limpa, limfe node dan tonsil), Beberapa kasus diawali dengan infiltrasi terhadap limfe node, pada kasus lain infiltrasi diawali pada organ limfe lain.
O
Obesitas Kondisi dimana lemak terakumulasi di tubuh, terutama pada jaringan subkutan
Obstipasi Konstipasi total
Oculenta Salep steril untuk pengobatan mata menggunakan salep mata dasar yang cocok.
Olfaktori berhubungan dengan indera penciuman.
Oligosakarida karbohidrat yang pada hidrolisis menghasilkan sejumlah kecil (dua sampai sepuluh ) monosakarida.
OHO (Obat
Hipoglikemik Oral) Obat untuk menurunkan kadar gula darah yang diberikan secara oral.
Oksitoksik Obat yang dapat menyebabkan oksitosia (kelahiran yang cepat)
Onikolis terlepasnya kuku dari matriksnya, biasanya dimulai pada ujung bebas dan berkembang ke proksimal.
Onset Mulai kerja
Onset Waktu yang diperlukan suatu obat untuk mulai memberikan efeknya setelah pemberian
Osteoarthritis penyakit sendi degenerative noninflamasi yang terutama terjadi pada orang tua, ditandai dengan degenerasi tulang rawan sendi, hipertrofi tulang pada tepinya, dan perubahan pada membran sinovial.
Osteoblast sel yang berasal dari fibroblast dan ketika dewasa berhubungan dengan produksi tulang.
Osteodistrofi gangguan pembentukan tulang.
Osteofit tonjolan bertulang atau pertumbuhan oseosa
Osteopenia Kerapuhan tulang karena berkurangnya unsur-unsur pembentuk tulang.
Osteoporosis pengurangan massa tulang; menyebabkan fraktur setelah trauma minimal
Osteorekrosis Disebut juga avaskular nekrosis atau nekrosis tulang yaitu penyakit yang disebabkan hilangnya suplai darah ke tulang yang bersifat sementara maupun permanen
Osteosarcoma (Osteosarkoma Neoplasma tulang primer yang ganas dan terdiri atas stroma jaringan penyambung ganas dengan adanya osteoid ganas, pembentukan tulnag atau kartilago.
OTC drug (Over The  Counter drug) Obat yang dapat dibeli secara bebas tanpa resep dokter
Ovula sediaan padat yang digunakan melalui vagina, umumnya berbentuk telur, dapat melarut, melunak dan meleleh pada suhu tubuh.
P
Pansitipenia Depresi semua sel darah secara abnormal
Paralisis Kehilangan atau gangguan fungsi motorik pada suatu bagian akibat lesi pada mekanisme saraf atau otot
Paranoia Proses gangguan pikiran yang ditandai dengan rasa takut atau khawatir yang berlebihan.
Parathesia Perasaan sakit atau tidak nyaman, abnormal seperti kesemutan, rasa terbakar atau berkeringat.
Parkinson penyakit dengan ciri – ciri tremor (getar) pada tangan dan kaki.
Parasimpatolitik pelawan efek perangsang saraf parasimpatik
Pasivasi  Sebuah kimia proses pengobatan / pembersihan akhir yang menghilangkan besi eksogen atau senyawa besi dari permukaan pipa stainless steel dan peralatan dengan menggunakan suatu oksidan ringan, seperti larutan asam nitrat, atau dengan "in-situ electropolishing. Tujuan passivasi adalah untuk memulihkan dan / atau meningkatkan pembentukan spontan dari permukaan kimia inert atau film pasif protektif. 
Pasteurisasi  Pemanasan susu, anggur, jus buah, dll, selama sekitar tiga puluh menit pada 68 ° C (154,4 ° F) dimana bakteri hidup hancur, tetapi rasa atau buket yang diawetkan, spora tidak akan terpengaruh, tetapi tetap dari berkembang dengan segera pendingin cair untuk 10 ° C (50 ° F) atau lebih rendah. 
Patogen  Setiap sel eukariotik mengandung mikrobiologi atau informasi genetik yang cukup, yang setelah ekspresi informasi tersebut mampu menghasilkan penyakit pada orang sehat, tanaman, atau hewan. 
PBL (Peripheral Blood Lymphocites) Limfosit perifer darah yaitu jumlah limfosit matang yang bersirkulasi dalam darah
Pemerian Deskripsi
Penyakit Kawasaki Penyakit yang menyerang anak-anak, pertama kali terjadi di Jepang tetapi sekarang sudah tersebar di seluruh dunia. Bagian tubuh yang dipengaruhi adalah limfa node, kulit, arteri koroner jantung. Penyakit ini diawali dengan demam, rasa capek dan terkadang nyeri pada lambung. Kemudian terjadi ruam dan beberapa hari kemudian terjadi konjungtivitas, dan perubahan membran mukosa menjadi merah, lidah merah dan kering. Kelenjar limfa di leher membesar.
Pharmacy rumah obat, apotek, apotik.
Placebo  Zat inert atau tidak berbahaya yang digunakan dalam eksperimen terkontrol menguji kemanjuran zat lain. 
Porfiria Kelompok gangguan metabolisme porfirin yang ditandai dengan peningkatan pembentukan dan ekskresi senyawa porfirin atau prekursor. Gejala yang timbul adalah sakit perut, yang mungkin parah dan gangguan gastrointestinal seperti mual, muntah, diare atau konstipasi, peningkatan tekanan darah, denyut jantung, rasa lelah pada otot,sensitif terhadap cahaya, bentol pada kulit dan rasa gatal, warna urin berubah menjadi karena ekskresi porfirin dan gangguan mental seperti depresi.
Posisi Trendelenburg Posisi berbaring pada tempat yang datar, dimana posisi kepala lebih rendah daripada pelvis.Posisi ini adalah posisi standar untuk pembedahan abdominal atau ginekologi.
Pruritus Gatal pada kulit yang menyebabkan timbul keinginan untuk menggaruknya. Rasa gatal ini bisa disebabkan oleh kulit yang kering sampai kemungkinan adanya kanker.
Psikofarmaka obat yang bekerja pada fungsi psikologis dan status kejiwaan.
PVR (Pulmonary Vascular Resistance) Resistensi Vaskular Sistemik yaitu resistensi pada pembuluh darah paru-paru yang cukup kuat untuk mengalirkan darah melalui sistem sirkulasi.
Q
Qinghaosu tanaman artemisia annua yang ekstraknya merupakan senyawa trioksin pada obat artemisinin
QRS complex struktur yang berhubungan dengan depolarisasi jantung pada elektrokardiogran
Qs secukupnya
Quazepam derivat obat benzodiazepin
Quercetin senyawa flavon yang terdapat dibanyak di sayuran dan buah-buahan, sumber terpenting adalah teh,bawangm buah apel, dan anggur merah.
Questran adalah obat yang menyerap asam empedu dalam usus.
Quinine suatu derivat alkaloid dari kulit pohon cinchona
R
RA (Rheumatoid Arthritis) Artitis Rematik
Rabies Penyakit akut yang disebabkan oleh virus pada sistem saraf pusat yang mempengaruhi seluruh hewan berdarah dingin dan biasanya ditularkan ke manusia melalui gigitan anjing yang terinfeksi
Radiasi Energi dalam bentuk gelombang atau partikel, terutama radiasi elektromagnetik
Rash (Ruam) Perubahan pada kulit, meliputi perubahan warna dan teksture.
Recipe Mengambil; digunakan sebagai kepala resep, dinyatakan dengan symbol R/ . 2. Formula untuk menyediakan kombinasi bahan-bahan khusus.
Recovery Pemulihan
Redistribution fat Kondisi medis yang ditandai dengan kehilangan lemak (atau terkadang penambahan lemak), umumnya di dagu atau wajah.
Regimen Pengaturan cara hidup dan makan bagi orang sakit
Rekristalisasi Proses pembentukan Kristal agar didapatkan yang lebih murni
Rektum Bagian dari tubuh yang berfungsi untuk pengeluaran sisa metabolsme
Relaksan Otot Perifer obat yang dapat menyebabkan kelumpuhan pada otot rangka
Renal Ginjal
Resep Surat yang berisi permintaan dari dokter yang berisi obat untuk pasien
Reseptor Tempat obat berikatan dalam tubuh
Resisten Situasi dimana obat tidak lagi memberikan efek terapi
Retensi Tindakan atau proses menahan dalam hal kepemilikan, atau menahan pada posisi atau tempat tertentu; penyimpanan persisten dari materi yang seharusnya dibuang dalam badan
Retikulositosis Kondisi dimana terjadi peningkatan retikulosit.Kondisi ini umu terlihat pada anemia.  Retikulosit adalah sel darah merah yang belum matang yang biasanya timbul saat terjadi regenerasi sel darah merah yang rusak.
Retinoskopi pengamatan pupil menggunakan lampu yang cahayanya diproyeksikan ke dalam mata, untuk menentukan kelainan refraksi.
Rigidity Nuchal Kekakuan pada tengkuk atau tulang belakang
Riketsia Gangguan dalam perkembangan dan mineralisasi lempeng pertanamab tulang yang disebabkan oleh sejumlah efek dalam vitamin D, kalsium, dan fosfor, termasuk defisiensi atau malabsorpsi dietetic, gangguan primer tulang, seta kelainan metabolik dan hormon yang diturunkan atau didapat
S
Saliva sekret jernih, basa, kadang-kadang kental dari kelenjer partis,submaksilaris, sublingualis, dan kelenjer mukosa kecil mulut lain.
Salut diselubungi oleh kertas atau kain
Sanatogen obat dalam bentuk cairan untuk penguat darah
Sapogenin zat aktif permukaan yang berasal dari tumbuhan yang larut dalam air yang membentuk larutan mirip sabun
Sarkoidosis retikulosis granulomatosa sistemik yang kronik progresif tanpa sebab yang jelas, ditandai dengan tuberkel keras pada hampir semua organ atau jaringan, termasuk kulit, paru-paru, kelenjer getah bening, hati, lima, mata, dan tulang-tulang kecil tangan dan kaki.
Seborrhea overaktivitas kelenjer sebaseus, mengakibatkan berlebihnya jumlah.
Sedasi menimbulkan efek sedative; tindakan atau efek menenangkan
Seizur serangan mendadak atau kekambuhan suatu penyakit; episode tunggal epilepsy seringkali kejang.
Sekresi proses penguraian suatu produk spesifik karena aktifitas kelenjer; aktifitas ini dapat berupa memisahkan zat spesifik dalam darah atau penguraian zat kimia baru.
Serum cairan jernih yang terpisah dari darah jika dibiarkan membeku secara lengkap.
Simtomatik berkaitan dengan atau sifat dari suatu gejala
Sirosis penyakit hati yang ditandai dengan hilangnya pita-pita jaringan fibrosa yang terjalin difus, yang membagi parenkim hati menjadi daerah-daerah mikronodulator atau makronodulator
Sistemik berkaitan dengan atau mengenai tubuh secara keseluruhan
Steril Tidak dapat menghasilkan keturunan Aseptic; tidak menghasilkan mikroorganisme; bebas dari mikroorganisme hidup
Stroke serangan mendadak dan berat
Sub kutan dibawah kulit
Substrat tempat melekat nya enzim
Suplemen nutrisi tambahan yang dipkai untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh
Surfaktan zat aktif permukaan misalnya detergen
Suspensei suatu sediaan oral berupa cairan
T
Talcum bedak
Temperature suhu
Terapetik Ilmu pengtahuan
Terapi Pengobatan
Termal suhu
Teratogen cacat
Testis organ seksual pria
Tetanus I nfeksi
Tetrasiklin golongan antibiotik
Tingtur sedian cair/ekstrak
Tokoferol sedian obat
Toksik racun
Toxicology Ilmu memepelajari tentang keracunan
Tragacant Penurunan tegangan sedian
Trokanter tonjolan besar dipaha
True solid cairan sejati/sediiaan
Tube tempat slep
Tuberkolosis penyakit pada tubuh
Tumor kelainan pada sel
Turbiditas Kekeruhan
Turbidimetri t ingkat kekeruhan
Turbulensi Pergolakan
Tukak luka
U
UCI (Universal Child- Immunization) Tercapainya imunisasi dasar lengkap pada bayi (0-11 bulan), ibu hamil,wanita usia subur dan anak sekolah tingkat dasar.
Ulcus luka terbuka pada permukaan kulit atau selaput permukaan kulit atau selaput lendir.
ULN (upper limits of normal) Melebihi batas normal
Ultrafiltrasi penyaringan di bawah tekanan melalui saringan berpori remik sehingga koloida dapat dipisahkan dari kristaloida.
Ultraviolet menunjukkan radiasi elektromagnetik antara sinsr ungu dan sinar-X , mempunyai panjang gelombang dari 200-400 nanometer. u. A (UVA), radiasi ultraviolet dengan panjang gelombang antara 320-400 nm, lebih dari 99% sinar tersebut mencapai permukaan bumi. Sinar ini meningkatkan efek membahayakan dari sinar UVB, yang bertanggung jawab terhadap beberapa reaksi fotosensitivitas, dan digunakan dalam berbagai kelainan kulit. u. B (UVB), radiasi ultraviolet dengan panjang gelombang antara 290-320 nm, yang 1% sinarnya mencapai permukaan bumi. Sinar ini menyebabkan luka bakar matahari dan sejumlah perubahan fotokimiawi yang merusak di dalam sel, meliputi kerusakan DNA yang menimbulkan penuaan dini kulit, dan berbagai reaksi fotosensitivitas; sinar ini juga digunakan untuk pengobatan berbagaikelainan kulit. u. C (UVC), radiasi ultraviolet dengan panjang gelombang antara 200-290 nm, yang semua sinarnya disaring oleh lapisan ozon dan tidak mencapai permukaan bumi; sinar bersifat membunuh kumandan juga digunakan dalam fototerapi ultraviolet.
Umbilicus parut yang menandai tempat perletakan tali pusar.
Unguenta Sediaan berupa massa lembek, mudah dioleskan, umumnya berlemak dan mengandung obat, digunakan sebagai obat luar untuk melindungi atau melemaskan kulit, tidak berbau tengik.
Unguentum salep
Uniselular Organisme atau jaringan yang terdiri atas 1 sel
Unmed need wanita usia subur yang berstatus kawin yang tidak ingin punya anak lagi atau ingin menjarangkan kehamilan tetapi tidak menggunakan kontrasepsi.
Uranoplasty bedah plastik untuk memperbaiki langitan yg sumbing.
Uremia unsur-unsur kemih dalam darah yang menimbulkan keadaan keracunan dengan gejala-gejala mual,muntah
Ureter pipa dari ginjal ke kandung kemih
Uretra aliran kandung kemih ke luar
Uretroscope eropong untuk memeriksa lumen aliran kandung kemih.
Ureum hasil metabolisme protein dalam tubuh yang terdapat dalam kemih dan keringat
Urin Cairan yang diekskresikan oleh ginjal, mengandung banyak zat yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh
Urinogenous berasal dari urin.
Urobilin zat warna empedu merah tengguli yang merupakan hasil oksidasi urobilinogen,terdapat dalam tinja
Urobilinemia adanya urobilin dalam darah
Urobilinuria adanya urobilin dalm krmih secara berlebihan
Urticaria keadaan yang ditandai dengan timbulnya urtika di kulit yang disertai rasa sangat gatal
Uterus rahim,kandungan ibu
UTI (Urinary Tract Infection) Infeksi Saluran Urin
V
Vena=venen Pembuluh darah yang kadar oksigen rendah dibanding dengan arteria.
Vaksin Mikroorganisme/bagian dari mikroorganismeyang telah dilemahkan/dimatikan yang digunakan untuk merangsang tubuh agar membentuk zat anti terhadap mikroorganisme tersebut dalam upaya melakukan pencegahan penyakit yang ditimbulkan.
Varices Pelebaran pembuluh-pembuluh darah balik (vena) di bawah kulit.
Varikokel/varicocele Pelebaran pembuluh-pembuluh darah balik (vena) di kantung buah zakar (scrotum).
Veletor Binatang,biasanya artropoda, yang menjadi perantara berpindah mikroorganisme, penyebab suatu penyakit dari orang sakit ke orang yang sehat.
Villus=villi Tonjolan-tonjolan di lapisan chorion yang berhadapan berkontak dengan dinding rahim.
Virus Makhluk hidup yang terkecil, yang tidak dapat dilihat dengan mikroskop biasa, tetapi harus menggunakan mikroskop elektron. Tidak seperti bakteri/protozoa makluk ini tidak dapat digolongkan kedalam kelompok tumbuhan maupun hewan.
Vital Hidup,diperlukan untuk hidup.
VO2 max Volume Oksigen, Maksimum volume oksigen yang tubuh dapat gunakan saat bekerja sekeras mungkin.
Veganisme sebuah filosofi dan gaya hidup yang peduli dan mempraktekan kehidupan tanpa segala bentuk eksploitasi hewan, baik itu penolakan untuk mengonsumsi hewan untuk makanan, pakaian, serta penolakan uji coba pada hewan.
Vegan Orang-orang yang mempraktekkan gaya hidup Veganisme.
Vertigo Sensasi gerakan atau rasa gerak dari tubuh atau lingkungan sekitarnya, dapat disertai gejala lain, terutama dari jaringan otonomik akibat gangguan alat keseimbangan tubuh. Vertigo (sering juga disebut pusing berputar, atau pusing tujuh keliling) adalah kondisi di mana seseorang merasa pusing disertai berputar atau lingkungan terasa berputar walaupun badan orang tersebut sedang tidak bergerak.
Vitamin sekelompok senyawa organik amina berbobot molekul kecil yang memiliki fungsi vital dalam metabolisme setiap organisme,yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. Vitamin memiliki peranan spesifik di dalam tubuh dan dapat pula memberikan manfaat kesehatan.
Vertig Perasaan ilusi bahwa lingkungan/tubuh berputar.
Vermifuga Peluruh cacing.
VMA=Vanillyl Mandelic Acid Metabolit dari katekulamin, golongan non epinefrin.
Vasopressin Hormon dari hipotalamus, disalurkan ke neuro hipofisis untuk disimpan, menyebabkan kontraksi pembuluh darah dan reabsobsi air di ginjal.
W
Wbc ( white blood cell count ) darah putih per unit volume darah
Wadah tempat untuk membuat sedian
Waduk  kolam besar tempat menyimpan sediaan air.
Waktu hancur waktu saat obat mulai hancur di dalam tubuh dan menimbulkan reaksi.
Waktu larut waktu saat obat larut dalam darah
Waktu paruh (half-life) dari sejumlah bahan yang menjadi subjek dari peluruhan eksponensial adalah waktu yang dibutuhkan untuk jumlah tersebut berkurang menjadi setengah dari nilai awal
Wanita bagian dari organisme, yang menghasilkan non-mobile ovum (sel telur)
Wantex pewarna zat
Warna  spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih).
Wasir ambeien (dalam bahasa Inggris atau Latin disebut Hemorrhoid dan dalam bahasa kedokteran disebut Piles) adalah penyakit atau gangguan pada anus dimana Sphinchter Ani atau bibir anus, mengalami pembengkakan yang kadang-kadang disertai pendarahan
Wekamin obat yg digunakan khusus terhadap stimulasi central dan efek menekan rasa lapar
Water activity dikembangkan untuk menjelaskan intensitas air yang berasosiasi dengan berbagaikonstituen non-air dan padatan.
Water pass alat untuk menentukan beda tinggi.
Waterprofing sifat objek yang tidak terpengaruh  oleh air, atau bersifat menolak air untuk mengalir melaluinya
Wetting agent zat kimia yang meningkatkan sifat  menyebar dan menembus cairan dengan cara menurunkan tegangan permukaan.
Winter green oil produk alami dari banyak spesies tanaman
Wuchereria bancrofti  Cacing Filaria adalah kelas dari anggota hewan tak bertulang belakang yang termasuk dalam filumNemathelminths
X
Xantelasma Kumpulan kolesetrol di bawah kulit dengan batas tegas berwarna kekuningan biasanya di sekitar mata
Xanthan Gum Polisakarida dengan bobot molekul tinggi hasil fermentasi karbohidrat oleh xanthomonas campestris yang dimurnikan, dikeringkan dan digiling untuk pemanfaatannya lebih lanjut
Xanthone Substansi kimia alami yang berasal dari isolasi pada kulit buah manggis yang efektif melawan kanker payudara secara in-vitro
Xantin Alkaloid Zat utama pada tanaman yang secara kimia berhubungan pada xantin dengan kerja sebagai stimulant system saraf pusat,relaksan otot polos dan diuretic.
Xantofil hidrokarbon tak jenuh turunan likopen atau turunan likopen teroksigenesi yang umum terdapat berupa monohidroksikaroten
Xantoma Tumor yang mengandung sel-sel berbusa berisi leka,merupakan histiosit yang mengandung material lipid sitoplasma.
Xeroderma pigmentosum suatu kondisi genetik yang membuat kulitnya sulit sekali untuk sembuh dari efek sinar UV.
Xeroftalmia keadaan bila orang mengalami kekurangan vitamin A,mula-mula konjungtiva mengalami keratinasi,kemudian korneanya juga terpengaruh.Bila tidak diobati,mata akan menjadi buta.
Xerosis Penyakit yang menyebabkan kekeringan pada kulit tubuh.
Xilosa suatu gula pentosa, monosakarida dengan lima atom karbon dan memiliki gugus aldehida. Gula ini diperoleh dengan menguraikan jerami atau serat nabati lainnya dengan cara memasaknya dengan asam sulfat.
Ximelagaran Produk yang diubah dalam hati menjadi melatagran aktif
XTC Kelompok obat-obatan yang efeknya “membebaskan jiwa” (halusinogen) dengan terjadinya berturut-turut desorientasi,pearasaan senang dan nyaman yang bertahan kurang kebih 4 jam.
Xylene hidrokarbon aromatik yang terdiri dari benzen yang berikatan dengan dua metal
Xylit Pemanis golongan Pentanpentanol yang sama manisnya dengan gula.
Xylosa test Metoda pemeriksaan permeabilitas usus dengan menggunakan laktulosa-maruitol dalam studi Minis menggambarkan perubahan yang sangat kecil dari permeabilitas usus.
X-ray salah satu bentuk dari radiasi elektromagnetik dengan panjang gelombang berkisar antara 10 nanometer ke 100 pikometer (mirip dengan frekuensi dalam jangka 30 PHz to 60 EHz).
Y
Yohimbin Suatu alkaloid yang berasal dari alam dan berhasiat sebagai stimulansia
Z
Zat inisiator Zat yang dapat membentuk tumorbila dibantu zat promoter
Zat promoter Zat yang bersifat mengikat DNA (mutagen), tapi dapat menstimulasi sel yang telah terinisiasi menjadi sel tumor
Zat tambahan zat yang ditambahkan pada suatu sediaan untuk mempertinggi kegunaan, kemantapan, keawetan, dan sebagai zat warna, dimana dalam jumlah yang digunakan tidak membahayakan, tidak mengganggu, dan tidak mengurangi khasiat obat, tidak boleh mengganggu pemeriksaan penetapan kadar.

Tidak ada komentar: